Bagaimana Menumbuhkan Karakter Mandiri Pada Anak?

- oleh Fransisca Vita Febriana

Artikel oleh TIM Penyuluhan Kesehatan STIKES PANTI KOSALA

 

Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengambil pilihan dan menerima konsekuensi yang menyertainya. Dalam proses kemandirian seorang anak akan belajar untuk menghadapi berbagai situasi dan kondisi lingkungan sampai ia mampu berdiri sendiri dan tidak tergantung pada orang lain. Anak yang mandiri berarti bertanggung jawab, kreatif serta tidak bergantung sepenuhnya pada orang tua. Sebaliknya anak yang tidak mandiri akan selalu menggantungkan segala sesuatu pada orangtua bahkan hal ini akan dibawa sampai dewasa. Anak akan tumbuh menjadi orang dewasa yang tidak mandiri. Menumbuhkan kemandirian pada anak sebaiknya dimulai sejak dini, karena pada masa usia dini anak berada pada masa emas, dimana segala pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan pesat. Lalu bagaimana cara menumbuhkan kemandirian dalam diri anak?  Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik kemandirian anak diantaranya :

  1. Berhenti untuk bersikap “over protective” terhadap anak.

Untuk mengasah kemandirian anak, orangtua perlu sedikit menahan diri  agar tidak berbuat mengekang, biarkan anak belajar mengambil risiko untuk diri sendiri.

  1. Mendorong anak untuk mengeluarkan pendapatnya

Pendapat anak mungkin sedikit berbeda dengan orangtua, namun penting bagi orangtua untuk meminta pendapat anak. Orang tua perlu mendorong anak untuk berbicara atau bahkan berdebat secara sehat tentang beberapa hal.

  1. Membiarkan anak membantu pekerjaan rumah tangga

Dengan tindakan ini maka akan menumbuhkan rasa tanggungjawab dan rasa  kepercayaan diri anak karena anak merasa sudah membantu keluarganya

  1. Membiarkan anak membuat keputusan sendiri

Terkadang anak perlu dibiarkan untuk mengambil keputusan sendiri terutama untuk keputusan yang kecil yang tidak mengandung risiko. Hal ini akan menunjukkan pada anak bahwa ia juga berhak untuk memilih apa yang lebih disuka

  1. Orang tua perlu memberikan pujian pada anak pada saat anak bisa melakukan sesuatu sendiri tanpa dibantu

Dengan memberikan pujian pada anak pada hal-hal positif yang dilakukan sendiri oleh anak maka akan menumbuhkan rasa percaya diri anak akan kemampuannya.

  1. Biarkan anak melakukan kesalahan

Jangan terlalu takut ketika mengetahui anak melakukan kesalahan, tetapi orangtua perlu mengambil tindakan hukuman yang tepat. Hukuman harus relevan dan membuatnya jera.

Itulah beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menumbuhkan karakter mandiri pada anak. Dengan dukungan yang diberikan orangtua maka anak akan bisa mempelajari keterampilan untuk menumbuhkan kemandiriannya.

 

 

 

 

Sumber :

  1. Muhadi, Yunanto. 2016. Sudah Benarkah Cara Kita Mendidik Anak?. Diva Press, Yogyakarta.
  2. Nurdiani, Nenin. 2021. Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/menumbuhkan-kemandirian-pada-anak-usia-dini/. Diakses tanggal 12 September 2022.