<p><p><p><p><p>

BENCHMARKING

KEGIATAN VISITASI PEMBUKAAN PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN DAN PENDIDIKAN PROFESI NERS

07/03/2024 | By Admin

Pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2024 telah dilaksanakan Evaluasi Lapangan untuk usulan pembukaan Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Ners pada sekolah tinggi Ilmu Kesehatan Panti Kosala di Kabupaten Sukoharjo. Evaluasi lapangan mempunyai tujuan untuk melakukan konfirmasi dan observasi lapangan terkait kesiapan untuk penyelenggaraan Pembukaan Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Ners pada STIKES PANTI KOSALA, dimana hasil kecukupan dokumen usulan pembukaan Prodi sudah dilakukan melalui SIAGA.

STIKES Panti Kosala yang diketuai oleh Ibu Ratna Indriati, A., M.Kes., telah berdiri sejak tahun 1991 dengan satu program Studi yaitu Prodi D3 Keperawatan dalam bentuk Akademi Keperawatan. Pada tahun 2020 STIKES Panti Kosala melakukan perubahan bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dengan menambah satu prodi lagi yaitu prodi S1 Administrasi Rumah Sakit. Dalam sambutan Ketua STIKES, disampaikan bahwa pada era saat ini begitu pentingnya pendirian Prodi Profesi Ners ini dalam konteks kebutuhan akan tenaga perawat yang berkualitas tinggi ditengah tuntutan pelayanan kesehatan yang semakin kompleks dan beragam. Keberadaan Prodi ini bukan hanya sebagai wadah untuk menghasilkan perawat yang terampil, tetapi juga sebagai bagian integral dalam menjaga standar pelayanan kesehatan yang unggul dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perawatan yang berkualitas. Kami yakin bahwa Prodi ini akan menjadi tonggak penting dalam menghasilkan para perawat yang siap menghadapi tantangan masa depan dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

STIKES Panti Kosala juga dengan penuh rasa bangga dan semangat yang membara membuka pintu untuk memperkenalkan program studi yang berfokus pada peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan keperawatan. STIKES Panti Kosala berharap kunjungan ini akan memberikan kesempatan bagi STIKES untuk berbagi tentang pencapaian, tantangan, serta upaya terus-menerus dalam memajukan keunggulan akademik dan praktik keperawatan. STIKES Panti Kosala membuka Prodi Sarjana Keperawatan Profesi sebagai wahana untuk mengejar cita-cita generasi muda menjadi perawat-profesional yang berdedikasi. Melalui kurikulum yang komprehensif dan pendekatan pendidikan yang inovatif, STIKES Panti Kosala siap menghadapi tantangan dunia perawatan kesehatan dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai etika yang kokoh. Bersama-sama, kami meningkatkan komitmen untuk menjadi agen perubahan dalam memajukan standar pelayanan kesehatan dan membawa manfaat bagi masyarakat yang kami layani.

STUDI BANDING KE STIKES TELOGOREJO SEMARANG

05/10/2023 | By Admin

Dengan berkembangnya Institusi pendidikan tinggi di Indonesia maka menuntut STIKES PANTI KOSALA untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut. Oleh karena itu sebagai persiapan dalam pengembangan STIKES PANTI KOSALA maka sangat perlu melakukan Benchmarking ke Institusi pendidikan lain.STIKES TELOGOREJO merupakan Institusi pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun Studi 1957 sebagai sekolah pembantu perawat yang kemudian mengalami perkembangan dan berubah bentuk menjadi akademi keperawatan (AKPER) pada Tahun 1990 serta tahun 2007 berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES). Saat ini STIKES TELOGOREJO telah memiliki 7 (tujuh) Program Studi yaitu :

  • Prodi S1 Farmasi
  • Prodi S1 Keperawatan
  • Prodi Profesi Ners
  • Prodi S1 Fisioterapi
  • Prodi S1 Kebidanan
  • Prodi Profesi Bidan
  • Prodi D3 Keperawatan

Tahun ini STIKES TELOGOREJO merencanakan untuk melakukan pembukaan program studi profesi Apoteker dan profesi Fisioterapi.
Berdasarkan keberhasilan STIKES TELOGOREJO dalam melakukan pengembangan institusi tersebut maka STIKES PANTI KOSALA melakukan studi banding ke STIKES TELOGOREJO pada 4 Oktober 2023. Dengan melakukan studi banding ke STIKES TELOGOREJO diharapkan STIKES PANTI KOSALA memiliki gambaran mengenai :

  1. Pengembangan Institusi dan Tahapan Pembukaan Program Studi
  2. Pengembangan Kurikulum khususnya untuk persiapan pembukaan program studi Ners
  3. Sistem Penjaminan Mutu Internal yang dilaksanakan di STIKES TELOGOREJO
  4. Sistem Informasi Perguruan Tinggi
  5. Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STUDI BANDING KE STIKES PANTI RAPIH YOGYAKARTA

03/11/2018 | By Admin

Dalam rangka evaluasi dan review kurikulum program studi diploma tiga keperawatan 2014, maka STIKES Panti Kosala melakukan studi banding ke STIKES Panti Rapih Yogyakarta pada Jumat, 2 November 2018 di kampus 2 STIKES Panti Rapih Yogyakarta. Adapun hasil yang didapatkan adalah bahwa proses dan aplikasi kurikulum D3 keperawatan tahun 2014 hampir sama, hasil evaluasi kurikulum hampir sama, proses review kurikulum sedang berlangsung, hasil sementara berjalan dengan baik, sehingga akan dilanjutkan pada tahun ajaran berikutnya, setelah ada prodi Ners, total SKS prodi D3 keperawatan akan dikurangi menjadi 108 – 110 sks. Untuk rencana tindak lanjutnya STIKES Panti Kosala akan melanjutkan Kurikulum D3 keperawatan tahun 2014 dengan metode tetap semi blok, jumlah SKS perlu ditinjau ulang dan melakukan perbaikan standar di SPMI dengan mengembangkan standar utama dan turunan.