PROFIL

SAMBUTAN KETUA

Puji syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena rahmat dan karunia-Nya, Website STIKES Panti Kosala dapat hadir untuk memberikan informasi terkait seluruh aktivitas STIKES Panti Kosala. Banyak anggota masyarakat, alumni dan mahasiswa serta pihak-pihak yang berkepentingan membutuhkan informasi tentang STIKES Panti Kosala, untuk kepentingan tersebutlah maka Website STIKES Panti Kosala ditetapkan agar menjadi sumber informasi yang bermakna bagi yang berkepentingan. Maka domain/alamat website STIKES Panti Kosala adalah :

www.stikespantikosala.ac.id

Akhirnya, kami berharap semoga Website STIKES Panti Kosala dapat bermanfaat.Sukoharjo, September 2020

STIKES Panti Kosala

KETUA,

Dra. Endang Dwi Ningsih, M.M.

Sejarah Singkat SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PANTI KOSALA

Cikal bakal SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PANTI KOSALA adalah Akademi Keperawatan ( AKPER) Panti Kosala Surakarta berdiri sejak tahun 1991 dengan ijin Penyelenggaraan  berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.05.1380 tanggal 31 Mei 1991.

Dengan menempati ruangan di Lantai 3 Gedung RUMAH SAKIT Dr OEN SURAKARTA atau lebih dikenal dengan RUMAH SAKIT KANDANG SAPI dari tahun 1991 sampai dengan 2007.

Tahun Akademi 1991/1992 dimulai dengan memiliki mahasiswa 40 orang, meskipun saat dibuka tahun I pendaftaran mahasiswa baru mencapai 500 orang, dengan nama besar YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA dan Rumah Sakit Dr OEN tidak terlalu sulit menarik minat masyarakat untuk menempuh pendidikan di AKPER Panti Kosala.

Dengan dukungan dari YAYASAN KESEHATAN PANTI KOALA dan komitmen kesungguhan dari manajemen AKPER Panti Kosala maka proses pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan dapat tergambar dari pencapaian hasil Akreditasi dari Depkes yang dimulai tahun 1997 memperoleh strata B, tahun 2002 memperoleh strata B, tahun 2003 memperoleh strata A dan tahun 2008 memperoleh strata A.

Berdasar pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 159/D/O/2004 tanggal 17 September 2004, AKPER Panti Kosala beralih pembinaan dari Depkes ke Diknas. Hal ini untuk menyesuaikan peraturan pemerintah bahwa yang berwenang melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah Menteri Pendidikan Nasional sesuai amanat Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional.

Tahun 2007 merupakan tahun yang istimewa setelah melalui penantian dan pergumulan waktu yang panjang, karena pada tahun itulah AKPER Panti Kosala Surakarta menempati kampus baru yang sangat representatif untuk proses pembelajaran di Jalan Raya Solo-Baki Km 4,  Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo.

Tahun 2010,  pertama kalinya AKPER Panti Kosala menjalani penilaian proses pengelolaan dan penyelenggaraan program akademik dari Dikti melalui BAN-PT. Pencapaian nilai akreditasi C yang diperoleh AKPER Panti Kosala juga dirasakan oleh semua institusi pendidikan kesehatan, tetapi hal ini tetap memacu sivitas akademika untuk menghadapi tantangan dan kendala yang ada dalam menyikapi arahan dan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemudian pada tahun 2015 AKPER Panti Kosala menjalani akreditasi program studi dengan memperoleh nilai B sesuai Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0044/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2015 dan akreditasi Institusi (AIPT) pada tahun 2016 yang telah dicapai dengan memperoleh nilai B.

Masa berlaku ijin penyelenggaran sesuai dengan sertifikat  akreditasi adalah 5 tahun, maka pada tahun 2020, AKPER Panti Kosala kembali menjalani akreditasi program studi dengan memperoleh nilai B sesuai Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0150/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2020.

Tantangan masih banyak yang harus dilalui, yang harus disikapi secara positif sebagai bagian dari proses dan dinamika penyelenggaraan pendidikan. Dengan dilandasi semangat dan cita-cita membangun diri, AKPER Panti Kosala telah meningkatkan diri menjadi SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PANTI KOSALA berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 827/M/2020 tanggal 2 September 2020 dengan membuka program studi Sarjana Administrasi rumah Sakit dan Diploma III Keperawatan. Semoga STIKES PANTI KOSALA  terus menjalankan amanat mencerdaskan bangsa dan mengawal proses pembelajaran dengan sunguh-sungguh.