Mental Breakdown, Apa Saja Pemicunya

- oleh Fransisca Vita Febriana

Artikel oleh TIM Penyuluhan Kesehatan STIKES PANTI KOSALA

 

Artikel dikutip dari tulisan Yulia Kartika Dewi

 

Pernah mendengar istilah Mental Breakdown ?

Dari hari ke hari, stressor dalam kehidupan kita sehari-hari semakin banyak. Banyak orang merasa kewalahan sehingga banyak yang merasakan cemas, sedih ataupun depresi. Orang merasa tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi stressor dalam kehidupannya.

 

Apa yang memicu Mental Breakdown ?

Dilansir dari Future Recovery Health Care, mental breakdown atau gangguan mental adalah situasi gangguan kesehatan mental yang serius yang membutuhkan bantuan profesional segera. Gangguan mental bisa disebabkan oleh jumlah stres yang berlebihan serta keterampilan koping yang buruk. Stres dapat berupa sesuatu yang telah terbentuk dari waktu ke waktu atau berupa peristiwa stres yang tiba tiba terjadi atau serangkaian peristiwa stres yang datang tiba-tiba.

Setiap orang memiliki perbedaan dalam jumlah dan jenis stressor yang di tanggung maupun dalam merespon stressor yang di alami. Terkadang, ada masalah kesehatan mental mendasar yang terjadi sehingga dapat menyebabkan atau berkontribusi pada gangguan mental. Orang-orang dengan gangguan kecemasan seperti panic disorders atau anxiety disorders dapat lebih rentan untuk mengalami mental breakdown. Mental breakdown akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang, oleh karena itu sangat penting mengenali ciri-ciri  Mental Breakdown akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang, oleh karena itu sangat penting untuk mengenali ciri-ciri Mental Breakdown sehingga dapat segera mencari dan mendapatkan bantuan. Meskipun tanda-tanda gangguan mental berbeda pada setiap orang, tetapi akan lebih baik jika kita memahami gejala awalnya.

 

Tanda Peringatan Dini Mental Breakdown

  1. Merasakan tekanan yang berlebihan atau merasa kewalahan
  2. Perasaan cemas dan depresi yang meningkat
  3. Sulit konsentrasi atau kehilangan fokus
  4. Ketidakmampuan untuk melakukan tugas sehari-hari yang umum
  5. Merasa atau tampak malas
  6. Perubahan suasana hati terkadang bisa sangat eksterm
  7. Perubahan pola makan, tidur, dan perawatan diri
  8. Pada orang-orang tertentu akan mengalami peningkatan konsumsi alkohol atau penggunaan zat tertentu untuk mengatasi masalah

 

Tanda – Tanda Mental Breakdown secara Fisik

Berikut adalah beberapa gejala fisik lain yang terkait dengan gangguan mental

  1. Masalah pencernaan
  2. Kelelahan ekstrem
  3. Ketegangan atau nyeri otot
  4. Sakit kepala dan/atau migran
  5. Pusing
  6. Jantung berdebar-debar
  7. Keringat berlebihan
  8. Sakit punggung

Panic attack atau anxiety attack juga menyebabkan gejala serupa berupa terkadang serangan panik atau kecemasan disalahartikan sebagai serangan jantung. Jika anda atau orang yang anda cintai menunjukkan ciri-ciri mental breakdwon, segera cari bantuan profesional. Semakin cepat anda mendapatkan perawatan, semakin baik.