Tips Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

- oleh Fransisca Vita Febriana

Artikel oleh TIM Penyuluhan Kesehatan STIKES PANTI KOSALA

 

Buruknya imunitas belakangan dikaitkan erat dengan risiko infeksi Covid-19, termasuk pada anak-anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak (dirangkum dari berbagai sumber) :

a. Ajak anak tetap aktif atau berolahraga

Jika selama pandemi ini anak-anak hanya dirumah, maka usahakan sebisa mungkin mereka tetap aktif setiap hari. WHO merekomendasikan melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari bagi anak-anak.

b. Jangan biarkan anak murung

Kurangnya sosialisasi akan mengubah sistem tubuh pada tingkat seluler, artinya kesehatan fisik dan mental rentan mengalami penurunan dan terganggu. Jangan membiarkan anak menyendiri, penting bagi orang tua untuk membantu membuat pikiran anak tetap rileks.

c. Pastikan anak makan makanan kaya vitamin dan mineral

Kekuatan imunitas secara menyeluruh terganggu pada  pasokan vitamin dan mineral utama (vitamin A, B kompleks, C dan E) mineral meliputi : zat besi, mangan, tembaga, selenium, seng.

d. Perhatikan kecukupan tidur anak

Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan risiko seseorang, termasuk anak-anak untuk terkena penyakit. Anak-anak dianjurkan mengambil waktu istirahat sesuai porsinya jika ingin tetap sehat.

e. Jaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan anak perlu diperhatikan, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk juga perlengkapan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan.

f. Jaga asuhan nutrisi anak dengan baik

Daya tahan tubuh anak dapat ditingkatkan dengan sangat efektif melalui kombinasi nutrisi yaitu nutrisi makro, serat dan nutrisi mikro. Nutrisi makro diantaranya karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral.

g. Ajak anak berjemur dengan tepat

Perdoksi menyarankan berjemur sekitar pukul 09.00 pagi. Sebaiknya berjemur 5 menit dahulu, kemudian dinaikkan secara bertahap maksimal 15 menit.