Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Home > opini
Senin 5 April 2021

Pandemi COVID-19 masih berlanjut hingga saat ini sehingga merubah banyak hal, mulai dari aktivitas sehari-hari, aktivitas bekerja, begitupun dengan aktivitas lain yang sebelumnya mengharuskan untuk bertatap muka secara langsung sekarang dilaksanakan secara daring/online.

Kondisi demikian, menuntut kita untuk terus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Walaupun harus melakukan aktivitas dari rumah, kita harus tetap melakukannya secara aktif, produktif, dan kreatif. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif saat pandemi Covid 19.

1. Membuat jadwal harian

Buat jadwal harian atau daftar pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkan untuk fokus juga dapat digunakan sebagai panduan mana pekerjaan yang sudah dikerjakan dan mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan agar tidak ada pekerjaan yang terlewat.

2. Menentukan ruang kerja/belajar

Agar saat bekerja tetap nyaman dan tidak terganggu, maka pilihlah salah satu sudut ruangan/rumah sebagai ruang kerja secara khusus. Usahakan untuk menggunakan kursi dan meja saat bekerja agar tidak mudah mengantuk atau malas dalam melakukan aktivitas.

3. Disiplin dengan waktu

Bekerja/belajar dari rumah tentunya memberikan jam kerja yang lebih fleksibel. Akan tetapi karena tidak ada pengawasan langsung dari atasan atau dari guru, maka pastikan kita bisa disiplin waktu dalam bekerja/belajar. Jangan sampai sering meninggalkan pekerjaan/tugas untuk urusan lain yang akhirnya menghambat penyelesaian tanggung jawab.

4. Jangan banyak menggunakan handphone

Handphone mungkin akan menjadi salah satu sumber godaan tersendiri saat melakukan bekerja/belajar di rumah. Maka dari itu kita harus berusaha untuk mengendalikan diri dalam menggunakan handphone. Gunakan handphone sewajarnya pada saat bekerja/belajar.

5. Menghirup udara segar dan menjaga asupan makan

Sekedar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah dapat membantu menghilangkan kebosanan dengan suasana kerja/belajar yang mungkin sedikit monoton. Menjaga asupan makan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Pastikan sarapan yang baik dan jadwalkan istirahat, makan siang sesuai jam istirahat di kantor/sekolah.

6. Berolahraga

Walaupun saat ini sedang pandemi jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Semoga tips ini dapat membantu kita untuk tetap aktif, dan produktif.

 

Sumber :

Pratiwi, Y. R.2020. Kementerian Keuangan RI. https://www.djkn.kemenkeu.go.id

Rabu 31 Maret 2021

Setiap bagian tubuh kita terbentuk dari sel-sel yang bersama-sama membentuk suatu komponen, mulai dari darah dan kulit hingga otot dan organ. Sel tidak bertahan hidup lama sehingga secara teratur akan membelah diri atau berkembang menjadi berlipat ganda. Jika dalam proses normalnya sel-sel tersebut kehilangan kendali dan memperbanyak diri di luar kendali, maka terbentuklah gumpalan-gumpalan atau tumor. Berawaldari tumor bisa menjadi kanker.

Penyakit kanker dapat dicegah dengan berbagai makanan dan buah. Makanan dan buah yang mengandung likopen yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker. Salah satunya adalah buah tomat. Tomat mengandung likopen yang terbukti bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, terutama kanker prostat. Dr. Wiliiam Dahut dari Institut Kanker Nasional AS menyatakan bahwa konsumsi 3 buah tomat dalam seminggu dapat mencegah kanker prostat.

Selain dapat mencegah kanker prostat, likopen juga dapat mencegah jenis kanker-kanker yang lain seperti kanker pada saluran pencernaan. Likopen sangat bermanfaat untuk menghambat oksidasi yang disebabkan oleh bakteri serta menghambat pembentukan N-nitrosamin yang dapat menyebabkan kanker pada saluran pencernaan.

Begitu banyak manfaat yang diberikan oleh buah tomat ini sehingga dapat mencegah berbagai penyakit keganasan. Selain mudah didapatkan, tomat juga murah, maka tidak ada salahnya apabila kita bisa rutin mengkonsumsi buah tomat dengan segudang manfaat ini.

 

Sumber :

Denis Gingrans. 2013. 11 Makanan Ampuh Pencegah Kanker. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Find us on :
STIKES PANTI KOSALA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. : (0271) 621313 Faks. : (0271)621672
Email. stikespantikosala@gmail.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI