Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Home > Berita
Senin 3 Mei 2021, 15:43 WIB
TERAPI PLASMA KONVALESEN UNTUK PASIEN COVID 19

Sampai saat ini pandemi Covid-19 masih terus terjadi dan belum dapat dikendalikan secara optimal. Angka konfirmasi positip terus bertambah termasuk adalah angka kematian. Seluruh negara terus berupaya mencari terapi yang paling tepat untuk membantu menyembuhkan pasien Covid-19, namun sampai saat ini belum ada terapi definitif yang direkomendasikan.

Di tengah kecemasan dan kegalauan yang terus meningkat, munculah setitik harapan bagi tenaga kesehatan dan pasien Covid-19 tentang terapi plasma konvalesen, yang berdasar praktisi serta testimoni dari pasien dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi pasien Covid-19. Terapi ini terus dteliti dan beberapa negara suda asuk dalam tahap uji klinis.

Apa itu Plasma Konvalesen?

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari orang penyintas Covid-19 atau orang yang sudah sembuh dari Covid-19.  

Siapa yang dapat diberikan terapi plasma konvalesen ?

Orang yang sakit Covid-19 dengan gejala sedang sampai berat

Bagaimana Plasma Konvalesen dapat Membantu Kesembuhan Penderita Covid-19

Setelah seseorang teinfeksi Covid-19 maka didalam darah orang tersebut akan terbentuk antibodi pelindung yang dipicu oleh sel B. Antibodi ini disebut  antibodi plyclonal yang ada di plasma konvalesen, dimana jika plasma darah tersebut diberikan atau didonorkan ke penderita Covid-19, maka akan mampu mengahalangi masuknya virus glikoprotein yang dimediasi oleh COVID-19 ke dalam sel dan menghalangi replikasi virus di dalam tubuh. Dengan adanya palsma konvalesen ini, maka perkembangan atau replikasi virus akan dihambat, sehingga pasien akan cepat sembuh dari virus Covid-19.

Apakah Syarat Pendonor Plasma Konvalesen ?

Yaitu berusia 18 - 60 tahun, tidak ada keluhan minimal 14 – 28 hari, donor diutamakan laki-laki, jika wanita yang belum pernah hamil, pernah covid (swab PCR+), punya titer antibody IgG COVID-19 yang cukup, tidak menerima transfusi darah selama 4 bulan terakhir

 

Referensi

J Clin Invest. 2020;130(4):1545-1548. https://doi.org/10.1172/JCI138003.

Wooding DJ. & Bach H. 2020. Treatment of COVID-19 with convalescent plasma: lessons 

Berita Lainnya
Find us on :
STIKES PANTI KOSALA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. : (0271) 621313 Faks. : (0271)621672
Email. stikespantikosala@gmail.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI