Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Home > Berita
Senin 8 Februari 2021, 11:42 WIB
TIPS LANSIA TERHINDAR DARI PENYAKIT PSIKOSOMATIS PADA KONDISI PANDEMI

Agar lansia terhindar dari psikosomatis maka yang harus dilakukan adalah menghindarkan lansia dari perasaan cemas, karena ketika sudah tidak cemas, besar kemungkinan lansia terhindar dari penyakit stress. Beberapa langkah yang harus di lakukan oleh lansia agar terhindar dari penyakit psikosomatis ini adalah :

  1. Jangan cemas berlebihan. Berdoa dan beribadah merupakan salah satu penguatan dimensi spiritual pada lansia yang bisa menopang lansia, dan nantinya perasaan cemas itu akan hilang dengan tumbuhnya kekuatan spiritual tersebut.
  2. Jangan hanya fokus pada informasi negatif. Beredarnya banyak kabar seputar Corona memang bisa mengakibatkan stress pada lansia, maka perlu asistensi kepada lansia seputar informasi yang benar.
  3. Batasi koneksi dengan media sosial. Jika lansia sesekali harus menggunakan sosial media, arahkan untuk fokus pada informasi yang dikeluarkan oleh WHO, Kementrian Kesehatan atau sumber lain yang bisa membangkitkan optimisme lansia.
  4. Tetap aktif bergerak. Menjaga kesehatan lansia tentu memiliki perbedaan, perlu kehati-hatian mengingat kondisi fisik sudah tidak stabil lagi.
  5. Makan makanan seimbang serta tidur tepat waktu. Salah satu cara untuk menjaga imunitas adalah asupan makanan yang seimbang.
  6. Tetap rileks.
  7. Beraktifitas yang menyenangkan di dalam rumah.
  8. Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman. Meski dalam kondisi pandemi ada baiknya lansia diberikan ruang untuk tetap berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Semua tahapan di atas perlu dilakukan dalam rangka mengurangi kecemasan lansia saat menghadapi pandemi corona, jika kecemasan sudah bisa ditangani maka stress juga bisa ditanggulangi. Saat yang bersamaan lansia akan terhindar dari penyakit psikosomatis. Tugas ini menjadi kewajiban para anggota keluarga yang sedang merawat lansia. Intinya adalah para lansia harus terjaga haknya untuk hidup bahagia.

 

 

Sumber :

http://puspensos.kemsos.go.id/mewaspadai-psikosomatis-lansia-di-masa-pandemi

http://dppkb.tulangbawangkab.go.id/new/read/1291/pentingnya-bersikap-positif-bagi-lansia-hadapi-pandemi-covid-19


 

Berita Lainnya
Find us on :
STIKES PANTI KOSALA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. : (0271) 621313 Faks. : (0271)621672
Email. stikespantikosala@gmail.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI