Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Home > Berita
Rabu 20 Januari 2021, 15:14 WIB
Tips Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Buruknya imunitas belakangan dikaitkan erat dengan resiko infeksi Covid-19, termasuk pada anak-anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak (dirangkum dari berbagai sumber) :

1. Ajak anak tetap aktif atau berolahraga

Jika selama pandemi ini anak-anak hanya dirumah,maka usahakan sebisa mungkin mereka tetap aktif setiap hari. WHO merekomendasikan melakukan aktivitas fisik selama 1 jam per hari bagi anak-anak.

2. Jangan biarkan anak murung

Kurangnya sosialisasi akan mengubah sistem tubuh pada tingkat seluler, artinya kesehatan fisik dan mental rentan mengalami penurunan dan terganggu. Jangan membiarkan anak menyendiri, penting bagi orangtua untuk membantu membuat pikiran anak tetap rileks

3. Pastikan anak makan makanan kaya vitamin dan mineral

Kekuatan imunitas secara menyeluruh tergantung pada pasokan vitamin dan mineral utama (vitamin A, B kompleks, C dan E) mineral meliputi : zat besi, mangan, tembaga, selenium, seng)

4. Perhatikan kecukupan tidur anak

Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko seseorang, termasuk anak-anak untuk terkena penyakit. Anak-anak dianjurkan mengambil waktu istirahat sesuai porsinya jika ingin tetap sehat

5. Jaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan anak perlu diperhatikan, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk juga perlengkapan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan

6. Jaga asupan nutrisi anak dengan baik

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan sangat efektif melalui kombinasi nutrisi yaitu nutrisi makro, serat dan nutrisi mikro. Nutrisi makro diantaranya karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral

7. Ajak anak berjemur dengan tepat

Perdoski menyarankan berjemur sekitar pukul 09.00 pagi. Sebaiknya berjemur 5 menit dahulu, kemudian dinaikkan secara bertahap maksimal 15 menit

Berita Lainnya
Find us on :
STIKES PANTI KOSALA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. : (0271) 621313 Faks. : (0271)621672
Email. stikespantikosala@gmail.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI