MANFAAT TOMAT DALAM MENURUNKAN RESIKO KANKER

- oleh Fransisca Vita Febriana

Artikel oleh Ibu Ditya Yankusuma Setiani, S. Kep., Ns., M. Kep

 

Setiap bagian tubuh kita terbentuk dari sel-sel yang bersama-sama membentuk suatu komponen, mulai dari darah dan kulit hingga otot dan organ. Sel tidak bertahan hidup lama sehingga secara teratur akan membelah diri atau berkembang menjadi berlipat ganda. Jika dalam proses normalnya sel-sel tersebut kehilangan kendali dan memperbanyak diri di luar kendali, maka terbentuklah gumpalan-gumpalan atau tumor. Berawal dari tumor bisa menjadi kanker.

Penyakit kanker dapat dicegah dengan berbagai makanan dan buah. Makanan dan buah yang mengandung likopen yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker. Salah satunya adalah buah tomat. Tomat mengandung likopen yang terbukti bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, terutama kanker prostat. Dr. Wiliiam Dahut dari Institut Kanker Nasional AS menyatakan bahwa konsumsi 3 buah tomat dalam seminggu dapat mencegah kanker prostat.

Selain dapat mencegah kanker prostat, likopen juga dapat mencegah jenis kanker-kanker yang lain seperti kanker pada saluran pencernaan. Likopen sangat bermanfaat untuk menghambat oksidasi yang disebabkan oleh bakteri serta menghambat pembentukan N-nitrosamin yang dapat menyebabkan kanker pada saluran pencernaan.

Begitu banyak manfaat yang diberikan oleh buah tomat ini sehingga dapat mencegah berbagai penyakit keganasan. Selain mudah didapatkan, tomat juga murah, maka tidak ada salahnya apabila kita bisa rutin mengkonsumsi buah tomat dengan segudang manfaat ini.

 

 

 

 

Sumber : Denis Gingrans. 2013. 11 Makanan Ampuh Pencegah Kanker. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.